oleh

BPBD Sumsel Gelar Rapat Evaluasi dan Koordinasi Posko Satgas Karhutla 2021

-Berita-9 views

PALEMBANG | PencanangNews.Co.Id-
Hasil rapat evaluasi dan koordinasi Posko Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumsel 2021 menjelaskan tentang evaluasi dan kondisi hot spot di Sumsel.

Rapat dihadiri Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Operasi, Danrem, Gapo dan seluruh sektor dari Satgas pemadaman darat, udara penegakan hukum sosialisasi dan kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, Iriansyah saat diwawancara usai rapat, Kamis (23/9/2021).

“Dengan adanya hot spot tersebut kita upayakan untuk melakukan pencegahan, pengendalian dan pemadaman. Kehadiran seluruh satgas untuk berkoordinasi mengendalikan kebakaran pada lahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Iriansyah mengungkapkan sejumlah titik rawan yang ada di Sumsel yakni mulai dari OKI, OI, Muba, Banyuasin, PALI, Muara Enim, OKU, OKU Timur, Musi Rawas, Muratara.

“Masyarakat sekitar biasanya membersihkan lahan dengan mudah dan praktis dengan membakar, nah inilah yang perlu kita sosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat melalui teman – teman yang ada di Kabupaten mulai dari pertanian, perkebunan BPMD dan juga dari TNI POLRI yang bersama – sama untuk pengendalian kebakaran,” ungkapnya.

Lanjut Iriansyah, sosialisai terkait Karhutla kepada masyarakat sudah dilakukan secara berkesinambungan.

“Dengan mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah bertani, berkebun, berladang dengan adanya larangan membuka lahan mereka bisa saja kucing – kucingan dengan petugas. Maka dari itu terus kita lakukan agar masyarakat sadar tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

Iriansyah mengimbau kepada masyarakat jangan membuka lahan dengan cara membakar serta menjaga alam maka alam pun akan menjaga kita.

“Jagalah alam dan alam akan menjaga kita, jika terjadi kebakaran maka akan rusak alam kita. Marilah sama – sama baik dari Pemerintah, masyarakat, dunia usaha untuk mensosialisasikan bahaya Karhutla merupakan ancaman untuk semua orang,” tutupnya. (Astrid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya