oleh

Dinkes Sumsel Gandeng Lembaga Sosial Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Palembang|PencanangNews.co.id
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan menggandeng Rumah Zakat dan beberapa lembaga dalam menyalurkan bantuan kesehatan. Kali ini bantuan kesehatan yang diberikan berupa biaya persalinan Miska di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH). Bantuan tersebut tak luput dari usaha Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia Sumsel yang sebelumnya sempat menggelar aksi di depan Kantor Walikota Palembang beberapa waktu lalu.

Miska, istri Amran Syah ini berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan dalam hal perekonomian, Amran merupakan pekerja swasta, namun penghasilannya tidak cukup untuk membiayai persalinan istrinya.
Selain itu Miska memiliki hambatan dengan kartu kesehatannya sehingga tidak dapat dipakai.

Pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dan Rumah Zakat menyambangi langsung kediaman Miska di Jalan Panca Usaha, Kecamatan SU 1, Rabu (30/9/2020).

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan melalui KASI Rujukan, M Ifan Fahriansyah berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengapresiasi apa yang telah dilakukan hari ini.

“Kita sangat mengapresiasi kepada semua pihak seperti Rumah Zakat, Zafa Tour, REKAN Indonesia Sumsel serta lembaga-lembaga lain yang turut membantu. Mengingat respon kejadian beberapa waktu lalu, kita sangat mengapresiasi bantuan-bantuan dari semua pihak karena urusan kesehatan merupakan urusan yang sangat penting,” kata Ifan saat diwawancarai di kantornya.

Ifan berharap kedepannya permasalahan-permasalahan seperti ini tidak terjadi lagi.

“Dalam permasalahan kesehatan memang secara penanganannya harus cepat. Dalam hal ini sebenarnya tidak ada yang disalahkan, kadang-kadang komunikasi yang harus diperbaiki sehingga tidak terjadi hal seperti ini,” ujar Ifan.

Ifan juga mengatakan, Dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel sendiri telah menyiapkan 454.310 orang Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota, dan Palembang merupakan penerima PBI lebih banyak mengingat jumlah penduduk yang banyak diantara Kabupaten/Kota lain yang ada di Sumsel.

“Kita selalu menjalin komunikasi dengan lembaga-lembaga sosial, lembaga kemanusian dan pihak tertentu yang juga punya kepedulian dalam hal kesehatan,” tutup Ifan.

Ditempat yang sama, Sulaiman selaku Kepala Cabang Rumah Zakat mengungkapkan, hal ini merupakan program dari Rumah Zakat yang salah satunya adalah kesehatan.

“Kita dilibatkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dalam membantu pasien dari keluarga tidak mampu untuk dibantu dalam hal ini untuk membiayai kesehatannya. Selama ini kita sudah dilibatkan khususnya di RSMH dan tentu spesifikasi untuk yang kita bantu karena dana yang kita keluarkan merupakan dana Zakat,” ungkapnya. (Hanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya