oleh

Hafidz Tohir: BPS Sumsel Berhasil Lakukan Landscape Dengan Perolehan Luar Biasa

-Sumsel-30 views

PALEMBANG|PencanangNews.co.id-Anggota Komisi XI Fraksi PAN DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengunjungi kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Rabu (18/11/2020). Hadir dalam kesempatan tersebut, Deputy Bidang Statistik Produksi BPS, M Habibullah didampingi Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih. Dalam kunjungan tersebut, dirinya mengapresiasi kinerja BPS dalam hal mencatat perkembangan di Provinsi Sumsel.

Menurut Hafisz, BPS Sumsel berhasil melakukan landscape dengan perolehan luar biasa, pencapaian maksimal, wajar pihaknya mengapresiasi BPS. Apalagi, BPS Sumsel ini wilayah kerjanya (Sumsel) lebih luas dari pada Jawa Barat dan Jawa Tengah. Belum lagi, 60 persen wilayahnya perairan.

“Kita apresiasi kinerja BPS Sumsel dalam hal sensus penduduk, dimana diselesaikan dengan maksimal. Bahkan, ada data nilai tukar petani walaupun hanya ditingkat Provinsi, belum sampai ke Kabupaten,” kayanya.

Hafisz juga mengungkapkan, membuat penilaian nilai tukar petani hingga ke Kabupaten akan membutuhkan biaya lebih tinggi lagi. “Karena butuh cost (biaya) tinggi lagi untuk (nilai tukar petani) sampai ke tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Ia menambahkan, BPS merupakan backbone-nya pusat data, satu-satunya penyedia data sesuai dengan harapan presiden bawa satu data. Untuk itu, dirinya sebagai wakil Sumsel di komisi XI DPR RI mengatakan semakin maju negara maka akan membutuhkan data. “Perlu ada penguatan lebih tinggi di basis data. Karena yang paling mahal adalah kevalidan data,” tambahnya.

Terpenting, menurutnya, hasil dari sensus penduduk kemarin, itu mendapatkan data baru. “Banyak data lama, itu di upgrade atau diperbaharui lagi saat sensus penduduk yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu, ini sangat penting bagi pembangunan kedepannya,” jelasnya. (Hanny)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya