oleh

Salut! Bersama Warganya, Ketua RT di Panca Usaha Ini Bersihkan Lingkungan Dari Pagi Hingga Menjelang Malam

PALEMBANG|PencanangNews.co.id– Guna mewujudkan lingkungan bersih dan bebas banjir yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Palembang, warga RT 57 Kelurahan 5 Ulu tepatnya jalan Panca Usaha, Lorong Mufakat ,RW 11 Kecamatan SU I.
Sudah lebih dari seminggu ini melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara gotong-royong, dan puncaknya pada Kamis (8/4/2021).

Ketika dibincangi Ketua RT 57 Rusdi SI.P M.Si mengatakan, kegiatan gotong royong bersama warga di wilayahnya, untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan genangan air di musim pancaroba seperti sekarang ini.

“Kita bersihkan sampah dan kotoran yang menyumbat aliran air di saluran depan rumah warga, menebas rerumputan serta menambah kembali saluran air yang selama ini terputus, tepatnya di blok-F sepanjang 35 meter. Dilanjutkan dengan pekerjaan menambal kembali jalan di dalam lorong Mufakat yang rusak akibat galian maupun disebabkan genangan air. Kemudian pembuatan pagar taman toga yang berada persis di perempatan blok F, RT 57,” ujarnya.

Disinggung tentang biaya pembuatan fasilitas warga nya, Rusdi menjelaskan, ” untuk biaya dan material kita urunan bersama warga dengan biaya seadanya, yang jelas satu tugas bersama kita sudah terselesaikan. Dan untuk Warga RT 57 saya harap kerjasama dan kesadaran nya akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bagi pemilik atau penghuni rumah kost, kemudian yang punya usaha warung supaya menyediakan tempat sampah, setidaknya ada lah sampah yang mampir di tempatnya.” harapnya.

Sementara itu, Lois Nata (38) warga blok F yang ikut bergabung dalam kegiatan tersebut mengatakan, dirinya menyambut baik gagasan ketua RT 57 ini, yang selalu respon cepat terhadap keluhan dan keperluan warga nya,
” Allhamdulilah blok kami telah bebas dari genangan banjir baik dari air limbah rumah tangga muapun air hujan, yang lebih kami apresiasi lagi, pak RT bersama warga gotong royong hingga menjelang malam tiba,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, sebelum mengakhiri perbincangan sebagai ketua RT Rusdi mengingatkan, menurut nya gerakan gotong-royong menumbuhkan kembali semangat warga untuk bekerjasama dan peduli terhadap lingkungan.

“Budaya gotong-royong saat ini nyaris hilang di tengah masyarakat. Karenanya perlu ditumbuhkan kembali, terutama di kalangan anak-anak muda,” Pesannya sembari tersenyum.

Reporter : Safrullah Lubai
Editor : Awan Asmoro

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya